Pembentukan POSKESTREN ALFALAH

Puskesmas Blimbing Kesamben bekerja sama dengan PP. Alqur’an Alfalah dalam membentuk pos kesehatan pondok pesantren (Poskestren) Alfalah. Sebanyak 25 santri sebagai kader husada dikukuhkan oleh Kepala Puskesmas Blimbing Kesamben Jombang sebagai kader penggerak kesehatan di Pondok pesantren tersebut.

“Poskestren ini dibentuk agar santri yang jauh dari orang tua selalu sehat. Wali santri tidak perlu khawatir dengan kesehatan putra-putrinya. Karena dengan hadirnya POSKESTREN ALFALAH ini sangat membantu kami memonitoring kesehatan para santri,” kata Kepala Bagian Kesehatan Pondok, Ibu Lela.

Ramah Tamah Bersama Kepala Puskesmas Blimbing Kesamben Jombang

Di Poskestren ini nantinya akan diadakan screening kesehatan rutin setiap bulan. Terutama untuk mendeteksi penyakit tidak menular (PTM) sejak dini. Pun juga santriwati husada nantinya ditugaskan untuk memantau konsumsi tablet darah yang harus dikonsumsi rutin oleh santriwati.

“Nantinya santri yang dilaporkan sakit juga bisa langsung ke Puskesmas.” imbuh Ibu Lela.

Ketua Ponpes Alqur’an Alfalah, Gus Lukman Hakim merasa bersyukur adanya Poskestren ini dapat membantu memantau kesehatan para santrinya. Apalagi sebentar lagi Poskestren yang ada tak sekadar untuk tempat pemeriksaan saja.

“Nantinya kita juga sediakan ruangan khusus bagi santri yang sakit. Kita rawat ruangan tersebut dengan bekerjasama dengan puskesman terdekat.” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Blombing mengapresiasi pembentukan Poskestren ini. “Pembentukan santri sehat harus diawali juga dari lingkungan yang sehat. Kalau sehat santrinya kan semangat,” celetuknya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *